Sabtu, 12 November 2011

milad-ku di usia ke 21

jumat cerah!
secerah hati dan pikiranku di hari ini. yang dimulai sejak kulihat bulan sempurna di langit malam sekitar jam satu pagi. berlanjut hingga kusaksikan pula semangat matahari di waktu paginya.
setelah berlelah-lelahan di kantor rental selama hampir dua minggu kemarin, juga mengalami kekecewaan karena bapak yang tak pulang saat hari I'ed Adha 1432  lalu (6 November 2011), akhirnya aku tiba juga di hari jumat yang sudah kutunggu-tunggu selama satu dekade usiaku ini. hari jumat yang persis bertepatan dengan tanggal 11 November (dan kebetulan saja) di tahun 2011.
sebenarnya aku tak terlalu memusingkan tanggal bulan atau tahun untuk hari kelahiranku. aku hanya merasa sangat bersyukur sekali jika hari lahirku bisa 'selalu' jatuh di hari jumat.
kenapa?
karena hari jumat sungguh-sungguh hari yang sangat istimewa!^_^.
baca saja sebuah hadits berikut (sengaja kutuliskan di sini) yang membuatku jadi lebih menyukai hari jumat dibandingkan hari-hari lainnya.

Abu Hurairah radiyallahu'anhu meriwayatkan, Rasulullah bersabda:
"Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita untuk menjadikan hari Jum'at sebagai hari raya mereka, oleh karena itu hari raya orang Yahudi adalah hari Sabtu, dan hari raya orang Nasrani adalah hari Ahad, kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita untuk menjadikan hari Jum'at sebagai hari raya, sehingga Allah menjadikan hari raya secara berurutan, yaitu hari Jum'at, Sabtu dan Ahad. Dan di hari kiamat mereka pun akan mengikuti kita seperti urutan tersebut, walaupun di dunia kita adalah penghuni yang terakhir, namun di hari kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk". (HR. Muslim)

dan Ibnu Qayyim Al-Jauziyah juga berkata: "Hari Jum'at adalah hari ibadah. Hari ini dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, laksana bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Waktu mustajab pada hari Jum'at seperti waktu mustajab pada malam lailatul qodar di bulan Ramadhan. (Zadul Ma'ad: 1/398)."

kau lihat kan, kawan?
mengapa aku jadi merasa bahagia (terutama) di hari jumat ini?
miladku bertepatan di hari ini! di hari yang menjadi hari besar umat islam yang terus berulang di setiap minggunya.
alhamdulillah....
dan jika kau menyuruhku untuk menuliskan keistimewaan lainnya dari hari jumat, hmm..maaf aku tak bisa kawan. tapi akan kusarankan kau untuk membuka link berikut: (keutamaan hari jumat)

di sana kau akan bisa mendapatkan keistimewaan lainnya dari hari jumat.
sementara di uraian ini, aku akan melanjutkan kembali ceritaku tentang milad 21 tahunku. meski sebelumnya harus kukatakan padamu : hari milad (lahir)ku mungkin tidaklah bisa dikatakan istimewa jika dibandingkan dengan hari jumat-nya, kawan.sama sekali tidak bisa dibandingkan dengannya. tapi ada hal istimewa lainnya yang kurasa patut untuk kuceritakan padamu dalam peristiwa miladku di hari ini. jadi seperti ini...

aku mendapat kejutan menyenangkan dengan kepulangan bapakku ke rumah pada hari kamisnya.
tak kusangka ternyata bapak memilih untuk mengganti hari libur idul adha-nya menjadi bertepatan pada hari lahirku. 
malam jumatnya, aku tiba di rumah dan disambut dengan amat hangat di desa jati  oleh keluargaku. saat itu cuaca malam sedang tak berangin dan sepintas sebelum kujejaki langkahku memasuki pintu depan rumah, aku melihat bulan di malam itu sungguh...subhanAllah! tampak cantik sekali!!. bulan yang sempurna bentuk dan cahayanya itu kulihat melalui halangan dedaunan dan bunga bougenville di depan rumahku. bisa kau bayangkan, kawan?
selanjutnya, memasuki jam sembilan malam aku sudah sangat lelap dalam tidur. dan pada tidurku kali itu, aku tak bermimpi.
esok paginya, aku sudah mendapatkan beberapa sms ucapan milad di hp-ku. dari (kupakai nama inisial saja ya..biar tak mengundang hawa sirik.he.he..) sho, Dye, Rie, Ta',Vi, Ma, Nda. kubalas sms dari sahabat-sahabatku itu dengan tersenyum. hanya senyum saja, kawan..maklum, sedang sekarat pulsaku saat itu.^_^

menjelang siang, bapak sudah sibuk wara-wiri ke mana-mana demi mempersiapkan tasyakuran miladku. jam empat nanti. seperti milad tahun-tahun lalu, acara miladku ini pun akan diisi dengan peristiwa doa bersama tetangga dan "sawer uang" di halaman depan rumah. hm... kau tak perlu pusing-pusing membayangkan bagaimana jalan cerita acara "sawer uang" itu, kawan. karena aku akan menunjukkan padamu klip video dari acara lucu itu di sini.
sorenya, setelah seluruh persiapan sudah rangkum, (balon berisi uang, kue-kue, agar jelly, gelas aqua, piring-piring, dan tentunya serantang besar uang receh) aku dan bapak mulai memanggil saudara dan tetangga sekitarku. sebenarnya yang kami ajak tadinya hanya anak-anak kecil saja. tapi tak dinyana ada-ada saja ibu-ibu atau bapak-bapak, bahkan juga nenek-nenek kuat yang mau ikutan sawer. hi.hi. kubilang pada bapak, tak papa. biarlah jadi ramai sekalian yang penting para orangtua itu sadar diri dan berbaris  di area belakang.
jam empatnya acara dimulai.
acaranya diawali dengan prakata oleh bapak. selanjutnya doa yang cukup panjang sehingga membuat para orang tua di area belakang mulai gelisah dan tak sabar..bisik-bisik seperti "sawerannya kapan nihh??" atau "si tomik lama jasa doana" mulai terdengar di udara. atau ada juga yang seperti ini, "aduh..nasi di imah gosong iyeu mah. balik heula deuh" . ucapan yang terakhir ini dilontarkan oleh Ceu I*** yang kemudian langsung berbalik pergi sambil berlari. hi.hi.
akhirnya,,, mulailah acara saweran uang itu.
tapi....
ups!
kurasa, daripada kuceritakan, langsung saja lihat video klip-nya ya.. ini dia. semoga bisa menghibur!
salam hangat, Amaliyah.^_^

2 komentar:

  1. met milad meli...
    maaf ya say, ngucapinnya telat, he...
    videonya lucu,
    satu kata, "gak nyangka ultah yang ke 21 meli" masih disawerin...kayak balita yang baru bisa jalan aja, he...but really, it's so unique tradition...he..
    "semoga Allah tambah sayang ma meli" amiin.

    BalasHapus
  2. ha.ha..jadi malu..makasih ya teh untuk doa dan semua atensinya..iya gpp.. unik ya?hm..emang daridulu selalu begitu sih teh.. malu sekaligus seneng bisa berbagi. berbagi di hari juma,lagi!^_^.bahagianyaaa....

    BalasHapus